Bahaya Sirkulasi Darah yang Buruk pada Tubuh Anda

UNI HERBADarah memiliki peranan penting dalam memasok nutrisi dan oksigen di seluruh tubuh. Oleh karena itu sirkulasi darah yang kurang lancar akan berdampak buruk bagi tubuh bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Buruknya sirkulasi darah dapat menimbulkan berbagai gejala, terutama pada area ekstremitas.  Hal ini dimungkinkan karena beberapa faktor penyebab. Lalu apa-apa saja faktor penyebab buruknya sirkulasi darah didalam tubuh?

Penyebab Buruknya Sirkulasi Darah dan Aliran Darah Tidak Lancar

Sirkulasi darah yang buruk tidak terjadi begitu saja, tetapi dapat dipastikan karena ada faktor pemicunya. Diantara beberapa faktor yang dapat menimbulkan aliran darah tidak lancar bahkan penyumbatan pembuluh darah adalah diantaranya pola makan buruk, obesitas, kebiasaan merokok, diabetes, arteri perifer hingga gangguan langka yang disebut dengan penyakit Raynaud.

Apa yang Terjadi Jika Aliran Darah Tersumbat?

Aliran darah yang tersumbat akan berdampak buruk bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara dini, cepat dan tepat. Komplikasi akibat tersumbatnya aliran darah bisa meliputi ulkus diabetik, tekanan darah tinggi, aterosklerosis hingga penyakit jantung.

“Oleh karena itu penderita diabetes biasanya juga memiliki resiko besar mengidap penyakit hipertensi dan jantung.”

Pola makan yang buruk juga memiliki andil besar mempengaruhi aliran darah tidak lancar.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh juga karbohidrat tinggi akan berdampak pada penumpukan lemak pada dinding arteri yang umumnya ditandai dengan gejala timbulnya rasa nyeri di area ekstremitas bawah atau disebut gangguan penyakit Arteri Perifer.

Gejala lain yang ditimbulkan akibat penyakit ini yaitu luka pada kaki yang tak kunjung sembuh, perubahan warna kulit yang menjadi lebih pucat atau kebiruan dan terasa dingin, denyut nadi kaki terasa lemah, kerontokan rambut di kepala dan bulu kaki serta beberapa gejala lainnya.

Aliran darah yang buruk akibat beberapa hal diatas bukan hanya karena faktor usia lanjut, karena pada kenyataannya banyak juga dialami oleh orang-orang yang masih dalam masa produktif.

Kebiasaan kurang beraktifitas dan bergerak sangat dimungkinkan menjadi pemicu gangguan  buruknya sirkulasi darah yang dialami oleh pria dan wanita masa produktif.

Cara Mengatasi Sirkulasi Darah yang Buruk

Pengobatan untuk gangguan sirkulasi darah yang buruk sangat dipengaruhi oleh faktor penyebabnya. Sedangkan bagi Anda yang masih sehat dan ingin sirkulasi darah tetap lancar maka ada cara-cara mudah yang bisa Anda lakukan rutin setiap hari.

  • Olahraga rutin setiap hari walaupun hanya sekedar olahraga ringan. Yang terpenting adalah tubuh Anda tetap bergerak dan aktif setiap hari. Serta dapat mengeluarkan keringat, karena dengan keluarnya keringat maka racun-racun di dalam tubuh kita juga ikut dibuang.
  • Hindari rokok dan terapkan pola makan sehat untuk mengatasi penyakit arteri perifer. Konsumsi obat cilostazol jika memang diperlukan. Jika kondisi arteri perifer semakin memburuk dan tidak dapat diatasi dengan obat-obatan, maka dapat melakukan prosedur revaskularisasi.
  • Mengonsumsi obat pengencer darah untuk mengatasi penggumpalan darah.
  • Rutin memeriksakan kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah setidaknya 2 minggu atau sebulan sekali.
  • Konsumsi suplemen kesehatan seperti jamu herbal untuk menunjang kesehatan Anda setiap hari.

Sumber : #Berbagai sumber, Wikipedia.org.