Cara Mengobati Varikokel, Penyebab Kemandulan Pada Pria
  • uniherba
  • Uncategorized
  • Komentar Dinonaktifkan pada Cara Mengobati Varikokel, Penyebab Kemandulan Pada Pria

Apa itu Varikokel?

Varikokel adalah kondisi dimana testis pria mengalami gangguan seperti varises. Hal ini disebabkan adanya pembengkakan pembuluh darah vena di dalam kantung zakar (skrotum) akibat dari adanya akumulasi darah yang disebabkan aliran darah ke jantung tidak lancar.

Jaringan vena, arteri, saluran, dan saraf yang menghubungkan testikel ke daerah perut berfungsi untuk mengalirkan darah dari dan ke testis. Jaringan vena dilengkapi dengan katup yang berfungsi untuk mengalirkan darah dengan tepat, memastikan darah mengalir satu arah dan tidak kembali ke tempat asalnya. Namun jika katup ini mengalami gangguan, darah akan mengalir kembali ke arah asalnya dan mengumpul ke vena. Hal ini mengakibatkan vena di kantung zakar membengkak dan menyebabkan Varikokel. Varikokel ini mirip dengan varises di kaki.

Varikokel bisa terjadi di salah satu kantung zakar maupun keduanya. Akan tetapi kebanyakan terjadi di sisi sebelah kiri karena vena kiri biasanya lebih banyak mendapat tekanan. Varikokel ini berkembang dari waktu ke waktu. Biasanya mempengaruhi pria berusia 15-25 tahun.

Ukuran benjolan Varikokel bermacam-macam. Ada yang terlihat jelas, ada pula yang harus diraba untuk memastikannya. Awalnya pembengkakan vena tidak menunjukkan gejala, sehingga kondisi ini sering tidak disadari oleh penderitanya. Namun ada kalanya pria akan mengalami nyeri pada buah zakar saat berdiri. Rasa sakit ini akan menghilang jika berbaring.

Urat varises semakin lama akan semakin membesar dan dapat menyebabkan pembengkakan pada kantung zakar.

 

Bagaimana Gejala Varikokel?

Varikokel pada awalnya memang tdak menimbulkan gejala-gejala yang bisa dikenali. Namun ketika telah berkembang biasanya ada beberapa gejala yang ditimbulkan. Antara lain:

  1. Munculnya rasa nyeri

Ketika verikokel telah berkembang biasanya mulai timbul rasa berat pada testis hingga nyeri pada kantung zakar. Nyeri biasanya dialami ketika sedang melakukan aktivitas, terlebih aktivitas berat. Namun rasa sakit akan segera reda jika dipakai untuk berbaring.

  1. Menonjolnya jaringan vena

Ketika rasa sakit terjadi, varikokel biasanya membesar dan menonjol dengan jelas.

  1. Pembengkakan di testis

Pembengkakan jaringan vena biasanya disertai dengan pembengkakan testis pada saat nyeri terjadi.

  1. Berkurangnya jumlah sperma

Menyusutnya testis juga merupakan salah satu gejala yang dialami penderita Varikokel.hal ini dapat diidentifikasi dari berkurangnya jumlah sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi.

  1. Penurunan testosteron dan pembesaran prostat

Rendahnya testosteron juga merupakan gejala Varikokel. Selain itu pada beberapa kondisi ada penderita yang mengalami pembengkakan pada prostat.

 

 Apa Dampak yang Ditimbulkan?

Varikokel dapat menyebabkan beberapa dampak bagi kesehatan reproduksi pria, diantaranya:

  1. Penyusutan testis

Kerusakan katup dapat menyebabkan peningkatan tekanan pembuluh darah dan menyebabkan kerusakan pada testis.

  1. Menyebabkan Infertilitas pada pria

Varikokel merupakan salah satu penyebab utama ketidaksuburan pada pria. Hal ini dikarenakan Verikokel menyebabkan penurunan produksi dan kualitas sperma. Pembuluh vena di testis mempunyai fungsi untuk menstabilkan suhu agar produksi sperma optimal. Namun terhalanginya aliran darah, menyebabkan suhu di testis menjadi lebih tinggi. Hal ini mengakibatkan pembentukan sperma menjadi tidak optimal.

Namun tidak semua pria yang mengalami gangguan Verikokel tidak subur. Masih banyak faktor lain yang mempengaruhi subur atau tidaknya seseorang.

 

Bagaimana Cara Mengobati Varikokel?

Ada kalanya Varikokel tidak membutuhkan pengobatan khusus selama tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak mengganggu sistem reproduksi seseorang. Namun apabila muncul gangguan nyeri, penyusutan testis, dan bahkan mempengaruhi fertilitas pada pria, ada beberapa alternatif pengobatan yang biasanya disarankan oleh dokter. Pilihan pengobatan tersebut antara lain:

  1. Pembedahan

Pembedahan Varikokel bertujuan untuk menutup vena yang terdampak untuk mengembalikan aliran darah ke pembuluh darah normalnya.

Ada 2 macam pembedahan, yaitu:

  • Pembedahan terbuka

Yaitu melakukan prosedur bedah mendekati vena melalui pangkal paha (transinguinal). Tapi juga dimungkinkan membuat sayatan di perut atau di bawah pangkal paha. Pada metode ini digunakan mikroskop bedah untuk melihat area perlakuan yang lebih baik selama operasi.

Nyeri pasca operasi biasanya ringan. Namun dokter akan menyarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual selama 1-2 minggu. Butuh waktu 3-4 bulan untuk menganalisis apakah perbaikan Varikokel berhasil mengembalikan kesuburan seseorang atau tidak

  • Operasi Laparoskopi

Prosedur operasi ini dilakukan dengan membuat sayatan kecil di perut Anda dan memasukan alat kecil melalui sayatan untuk melihat dan memperbaiki varikokel.

  1. Embolisasi Perkutan

Embolisasi perkutan merupakan tindakan masukkan tabung kecil melalui vena leher atau selangkangan. Tabung ini digunakan dengan alat kecil di mana cairan dilepaskan untuk memasukkan “blok” di vena untuk mencegah aliran balik.

Embolisasi membutuhkan waktu dan periode pemulihan lebih pendek, dan tidak mengakibatkan jaringan parut di daerah skrotum. Oleh karena itu, saat ini banyak yang lebih memilih metode ini sebagai solusi mengatasi Varikokel.

 

 

 

 

 

Untuk Anda yang mengalami ciri-ciri Varikokel, sebaiknya segera periksakan ke dokter ahli Urologi. Konsultasikan cara pengobatan Varikokel mana yang paling tepat untuk mengatasi masalah Anda.