Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Makanan Alami

Dewasa ini, kolesterol tinggi menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak menyerang manusia. Jika tidak dikendalikan, kolesterol dapat berakibat fatal dan menyebabkan kematian. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol agar tidak terjadi akibat yang fatal.

Kolesterol tinggi atau dalam bahasa medis disebut dengan Hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah melampaui dari kadar normal. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya diakibatkan adanya pengendapan kolesterol berlebih pada pembuluh darah, seperti serangan jantung bahkan stroke.

Sebenarnya kolesterol memiliki fungsi yang penting untuk tubuh. Fungsi kolesterol secara umum adalah untuk pembentukan dinding sel, memproduksi berbagai hormon, vitamin D, serta asam empedu untuk mencerna lemak. Sekitar 80% kolesterol diproduksi dalam tubuh sendiri, tepatnya diproduksi oleh organ hati dan 20% lagi berasal dari konsumsi makanan. Penumpukan kolesterol merupakan proses yang sangat kompleks, berlangsung dalam waktu lama, dan terjadi secara diam-diam tanpa menunjukkan gejala khusus.

Ada beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan terjadinya kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi bisa terjadi jika hati memproduksi terlalu banyak kolesterol LDL, atau kemungkinan adanya masalah dalam penyaringan darah. Selain itu ada juga kemungkinan hati tidak memproduksi cukup kolesterol HDL. Kebiasaan merokok, makan makanan yang berlemak, serta kurang gerak juga dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan kadar HDL serta memengaruhi kadar lemak lainnya.

Menurut data dari WHO pada tahun 2011, diperkirakan sekitar 35 persen penduduk Indonesia mengalami gangguan kolesterol tinggi. Lama kelamaan kadar kolesterol dalam darah yang tinggi dapat menyebabkan lemak menumpuk dan mengeras di dinding pembuluh darah. Diagnosis kadar kolesterol sangat dianjurkan untuk orang yang memiliki keluarga yang menderita penyakit akibat kolesterol, atau keluarga yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular pada usia dini.

Konsumsi makanan sangat mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah oleh sebab itu, menjaga asupan makanan merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk menurunkan risiko kolesterol tinggi. Beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu menurunkan asam urat yaitu:

  1. Beras Merah

Beras merah mengandung vitamin B, Selium, dan Magnesium yang dapat membantu menurunkan lemak dalam darah. Selain itu kandungan seratnya yang tinggi juga dapat mneurunkan gula darah.

  1. Kedelai

Kandungan isoflavin dalam biji kedelai terbukti mampu menekan kolesterol jahat. Konsumsi kedelai dalam sebulan bisa menurunkan kolesterol secara total sebesar 5,4 persen dan menurunkan kolesterol jahat sebesar 9,3 persen.

  1. Teh

Menurut sebuah penelitian, teh hitam mampu menurunkan lemak darah sebesar sepuluh persen dalam waktu tiga minggu.

  1. Alpukat

Di dalam buah alpukat terkandung kolestrol-smashing beta-sitosterol, lemak nabati yang bermanfaat mengurangi kolestrol dari makanan.

  1. Buah mangga

Kandungan vitamin C dan pektin dalam buah mangga bisa mengurangi kolesterol. Selain itu mangga juga mengandung serat prebiotik yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh.

  1. Anggur

Anggur kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus. Buah anggur juga memiliki senyawa antioksidan tinggi yang dapat membantu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL serta trigliserida dalam darah.

  1. Jambu Biji

Sebuah penelitian menunjukan bahwa jambu biji mengandung kadar kalium yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah dan menaikkan kadar kolesterol baik HDL yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam jambu biji juga berfungsi untuk melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

 

Selain konsumsi beberapa makanan di atas, ada cara lain untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Yaitu dengan konsumsi suplemen herbal. Salah satu suplemen herbal yang sangat direkomendasikan adalah MycoL.

MycoL merupakan suplemen herbal yang telah mendapatkan ijin resmi dari Badan POM. Sehingga keamanan dan keefektifannya tidak perlu diragukan lagi. Kandungan bahan alaminya membuat produk ini sangat aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Komposisi tanpa tambahan bahan kimia apapun juga membuat produk ini aman dikonsumsi jangka panjang dan tanpa menimbulkan efek samping.

Selain mengurangi kadar lemak dalam darah, MycoL juga berkhasiat untuk:

  1. Membantu pembakaran lemak dalam tubuh
  2. Mencegah penyumbatan pada pembuluh darah
  3. Sebagai antibiotik yang ampuh
  4. Mencegah penyakit kardiovaskular

 

 

 

 

Jika Anda tertarik dengan produk MycoL, segera dapatkan di sini: