Obat Sinusitis Alami, Usir Sinusitis Secara Cepat dan Efektif

Pernahkah kamu mengalami pilek yang tak kunjung sembuh dan indra penciuman memburuk? Waspada, bisa jadi itu gejala sinusitis. Sinusitis bisa menyerang siapa saja, mulai anak-anak hingga dewasa. Apakah ada obat sinusitis alami yang dapat menyembuhkan penyakit ini? Yuk simak ulasannya.

Sinusitis merupakan kondisi dimana jaringan yang melapisi sinus mengalami pembengkakan. Hal ini diakibatkan oleh adanya penyumbatan oleh cairan. Sinus sendiri merupakan rongga hidung yang terletak di belakang tulang wajah. Sinus yang sehat seharusnya dipenuhi dengan udara. Namun, sinus yang tersumbat akan ditumbuhi kuman yang akhirnya menyebabkan infeksi. Infeksi inilah yang menyebabkan hidung tersumbat dan perasaan tidak nyaman.

Radang pada sinus disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, riwayat alergi, penyakit asma, atau penyumbatan struktural pada hidung atau sinus memiliki risiko lebih tinggi mengalami sinusitis.

Gejala sinusitis biasanya terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam jangka waktu yang pendek. Sinusitis ini biasa disebut sinusitis akut. Sedangkan sinusitis kronik terjadi jika peradangan sinus berlangsung dalam waktu yang lama bisa mencapai 3 bulan dan sering kambuh.

Sinusitis akut biasanya berlangsung selama 4 sampai 12 minggu. Penyakit ini diakibatkan oleh flu yang menyebabkan terjadinya infeksi virus. Sinusitis akut dapat berkembang menjadi infeksi dan komplikasi serius jika tidak kunjung sembuh.

Gejala yang muncul pada penderita sinusitis akut, antara lain:

  • Lendir berwarna hijau atau kuning
  • Wajah terasa nyeri dan tertekan
  • Hidung terasa mampet
  • Penciuman memburuk dan sulit menangkap bau
  • Batuk
  • Bau mulut
  • Kelelahan
  • Sakit gigi

Sinusitis disebut kronis jika berlangsung lebih dari 12 minggu atau sebelumnya sudah pernah mengalami penyakit yang sama berulang kali. Sinusitis kronis disebabkan oleh adanya infeksi, polip pada hidung, dan kelainan tulang pada rongga hidung.

Gejala yang biasanya dialami oleh penderita sinusitis kronis, yaitu:

  • Kesulitan bernapas melalui hidung
  • Rasa sakit pada wajah dan kepala terutama saat menunduk
  • Wajah terasa bengkak
  • Mengeluarkan nanah dari rongga hidung
  • Demam tinggi
  • Lendir keluar dari hidung
  • Bau mulut
  • Kelelahan
  • Sakit gigi

Tapi jangan takut, sinusitis dapat dicegah. Cara mencegahnya adalah dengan menghindari terjadinya infeksi pada saluran pernapasan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah sinusitis adalah:

  • Menghindari rokok dan menghindari menghirup asap rokok
  • Jaga kebersihan tangan dengan rajin mencucinya, terutama jika sedang mengalami flu
  • Jangan terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan
  • Selalu gunakan masker untuk menghindari alergi seperti alergi debu

 

Pengobatan Sinusitis Sendiri Di Rumah

Sinusitis yang masih dalam tahap awal masih dapat diobati sendiri di rumah. Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan sendiri di rumah adalah:

  1. Menghirup uap

Menghirup uap memiliki fungsi untuk memberi kelegaan bagi jalan napas yang tersumbat. Uap dapat didapatkan dengan cara menyiapkan air panas di mangkuk besar kemudian hirup uap yang keluar dari air panas tersebut.

  1. Membersihkan hidung

Membersihkan hidung dapat dilakukan dengan cara membilas dengan air garam. Hal ini bertujuan untuk mengobati infeksi virus dan bakteri.

  1. Kompres air hangat

Mengompres hidung dengan air hangat dapat meringankan beberapa gejala sinusitis.

  1. Tidur dengan mengangkat kepala

Tidur dengan kepala diangkat tinggi dapat mengurangi tekanan di sinus dan mengurangi rasa sakit. Kamu dapat mengganjal dengan beberapa bantal.

  1. Minum obat dekongestan

Obat dekongestan tablet dapat mengurangi pembengkakan dan mengurangi penyumbatan pada sinus.

  1. Menggunakan semprotan dekongestan

Semprotan dekongestan juga dapat mengurangi pembengkakan dan penyumbatan. Namun penggunaan dalam waktu lama justru akan makin memperburuk penyumbatan.

 

Obat sinusitis alami

Selain cara pengobatan di atas, berikut beberapa obat sinusitis alami yang dapat diracik sendiri di rumah:

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu diantara obat alami yang dapat mengobati sinusitis. Untuk mengobati sinusitis, jahe dapat diolah menjadi minuman hangat seperti teh jahe. Uap yang dihasilkan dari teh jahe dapat meredakan rongga hidung dari lendir yang menyumbat. Jahe juga sangat efektif dalam meringankan infeksi sinusitis dengan bantuan antiradang alami yang dapat mengurangi pembengkakan di selaput hidung. Dengan konsumsi jahe,  produksi lendir dapat ditekan sehingga meringankan berbagai gejala sinusitis seperti sakit pada kepala.

  1. Cuka apel

Cuka sari apel kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, E, B1, B2, kalsium, dan magnesium. Nutrisi-nutrisi ini mampu mengobati gejala alergi akibat sinusitis dan membersihkan rongga sinus. Cuka sari apel juga berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Cara pengobatan sinusitis dengan sari cuka apel dilakukan dengan cara mencampurkan dua atau tiga sendok makan cuka apel ke dalam secangkir air panas, bisa ditambahkan madu atau lemon untuk menambah cita rasa. Konsumsi ramuan ini secara rutin dapat membuat warna lendir lebih jernih. Hal ini menandakan infeksi sinusitis telah semakin membaik.

  1. Bawang putih

Bawang putih memang sudah dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah sebagai obat sinusitis alami. Kandungan senyawa allicin dalam bawang putih mampu membunuh bibit penyakit. Bawang putih bahkan tidak hanya meredakan infeksi sinus, tetapi bisa mencegahnya sejak awal.

Bawang putih dapat dikonsumsi dengan cara mencampurkannya ke dalam jus tomat dan jus lemon yang dipanaskan dalam panci selama beberapa menit. Hal ini dilakukan agar rasa pedas tidak terasa dan baunya tidak terlalu menyengat. Konsumsi minuman ini sebanyak dua kali sehari sampai infeksi sinus mereda.

  1. Minyak oregano

Selain bermanfaat untuk menambah cita rasa pada makanan, ternyata daun dan bunga tanaman oregano juga bermanfaat untuk pengobatan sinusitis. Daun dan bunga tanaman ini dapat menghasilkan minyak oregano.

Kandungan bahan-bahan alami dalam minyak oregano antara lain senyawa carvacol dan senyawa timol. Kedua senyawa ini bersifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Selain itu juga memiliki sifat antiinflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan rongga hidung.

Penggunaan minyak oregano sebagai obat alami sinusitis dapat dilakukan dengan mencampurkan beberapa tetes minyak oregano ke dalam semangkuk air mendidih. Hirup aromanya selama beberapa menit dan ulangi sebanyak dua kali sehari selama pagi dan malam hari, sampai gejala sinusitis membaik.

  1. Kunyit

Selain digunakan untuk bumbu dapur, kunyit juga bermanfaat untuk mengobati sinusitis secara alami. Kandungan antibiotik dan antivirus dalam kunyit sangat efektif meredakan gejala yang diakibatkan sinusitis. Senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga efektif untuk membersihkan saluran pernapasan dan menyembuhkan infeksi rongga sinus.

Untuk mengobati sinusitis secara alami dapat dilakukan dengan cara mencampurkan beberapa kunyit dan jahe yang diseduh bersama teh panas. Konsumsi ramuan ini beberapa kali dalam sehari dapat membantu melegakan saluran hidung yang tersumbat.

 

Pengobatan sinusitis dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Konsumsi obat sinusitis alami seperti yang telah dijelaskan di atas dapat menjadi pilihan yang tepat untuk meredakan gejala-gejala yang ditimbulkan akibat penyakit sinusitis.