Sayuran Sehat Untuk Mencegah dan Mengobati Batu Ginjal

Sayuran Sehat Untuk Mencegah dan Mengobati Batu Ginjal – Bagi para penderita batu ginjal atau yang pernah mempunyai riwayat batu ginjal, menjaga asupan makanan sehari-hari merupakan suatu keharusan. Karena sari-sari makanan yang diserap dalam tubuh terutama dalam darah akan disaring oleh ginjal sebelum dialirkan kembali ke seluruh organ tubuh. Dalam proses penyaringan, kotoran atau limbah yang dihasilkan akan dibuang bersama dengan urin.

Limbah ini harus dikeluarkan setiap hari agar tidak mengendap di dalam ginjal dan semakin lama semakin mengeras dan mengkristal. Oleh karena itu, penting untuk menjaga asupan makanan agar limbah yang dihasilkan tidak berpotensi membentuk batu di dalam ginjal.

Beberapa sayuran sangat dianjurkan dikonsumsi oleh para penderita batu ginjal, diantaranya:

  1. Kubis

Kubis memiliki kandungan oksalat yang rendah sehingga aman jika dikonsumsi penderita batu ginjal. Mengonsumsi kubis dapat mencegah pembentukan batu ginjal yang berasal dari kalsium oksalat. Kandungan beberapa mineral baik dan sulfur di dalam kubis juga berfungsi sebagai zat pembersih pada tubuh.

Kubis dapat dikonsumsi dalam bentuk jus maupun diolah menjadi masakan lainnya.

 

  1. Mentimun

Mentimun juga merupakan sayuran yang memiliki kandungan oksalat yang rendah sehingga mampu mengurangi resiko pembentukan batu ginjal. Idealnya konsumsi oksalat tidak lebih dari 40-50 miligram setiap harinya.

Mentimun bisa dikonsumsi secara langsung maupun dalam bentuk jus.

 

  1. Wortel

Kandungan alkali yang tinggi di dalam wortel dapat menurunkan dan menetralkan tingkat keasaman yang terjadi di dalam organ tubuh. Mengonsumsi wortel dapat menjaga kesehatan ginjal serta dapat mengurangi beban kerja dari ginjal.

Kandungan zat pektin di dalam wortel juga bermanfaat untuk mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam darah. Yang juga dapat diartikan sebagai pencegah berbagai penyakit kardiovaskuler.

Wortel dapat dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus tanpa pemanis buatan.

 

  1. Bok Choy

Sayuran dari marga kubis–kubisan ini sangat kaya akan kandungan folat, vitamin A, vitamin C dan vitamin D. Bok choy kaya akan kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan ginjal dan keseimbangan cairan. Bok choy juga mengandung senyawa glucosinolates yang dapat mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Bokchoy dapat dikonsumsi dengan cara mengolahnya menjadi masakan, misalnya ditumis.

 

 

  1. Daun seledri

Daun seledri dikenal memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Salah satunya untuk menjaga kesehatan ginjal. Di dalam seledri terdapat kandungan asam amino, folat, vitamin C, B1, B2, B6, zat besi, fosfor, magnesium dan potassium. Senyawa-senyawa ini sangat bermanfaat dalam memperbaiki ginjal dan mencegah kerusakan jaringan.

Untuk mengobati batu ginjal, daun seledri dapat dijadikan bahan tambahan dalam masakan. Dapat pula dikonsumsi dalam bentuk jus.

 

  1. Pare

Meskipun rasanya pahit dan kurang disukai sebagian orang, namun ternyata pare memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya pare berfungsi membantu kinerja dan membersihkan ginjal. Pare juga berfunsi untuk mengoptimalkan kinerja hati, limpa dan juga memiliki efek untuk menurunkan panas. Pare juga sagat baik untuk pengobatan disentri, susah buang air kecil dan juga peradangan di daerah selaput mata.

Untuk mengobati batu ginjal, pare dapat dikonsumsi dengan cara merebus kemudian meminum air saringan rebusannya.

 

 

  1. Lobak putih

Lobak merupakan salah satu sayuran yang aman dan sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita batu ginjal. Lobak putih dapat meghancurkan batu ginjal yang terbentuk oleh endapan sekresi. Selain itu lobak putih juga efektif untuk mencegah infeksi ginjal dan memperbaiki peradangan di daerah kandung kemih.

 

 

 

 

Itulah beberapa jenis sayuran yang dapat membantu mencegah dan mengobati batu ginjal. Selain konsumsi sayuran di atas, konsumsi obat herbal juga merupakan salah satu alternatif  untuk mengobati batu ginjal.

Stonof, merupakan obat herbal berbentuk kapsul yang sudah mengantongi ijin resmi dari Badan POM. Terbuat dari 100% bahan-bahan alami tanpa tambahan tambahan zat kimia berbahaya. Jadi sudah dapat dipastikan keamanannya dan tidak menimbulkan efek samping ketika dikonsumsi.

Di dalam satu kapsul Stonof terkandung beberapa bahan berkhasiat, yaitu:

  • 200 mg Orthosiphonis spicatus folium ekstrak
  • 100 mg Andrographis paniculata herba ekstrak
  • 100 mg Centella asiatica herba ekstrak
  • 100 mg Morinda citrifolia fructus ekstrak

Stonof sangat efektif untuk mengobati berbagai macam keluhan batu ginjal:

  • Meluruhkan batu ginjal
  • Mengobati radang ginjal
  • Memperbaiki fungsi ginjal
  • Melancarkan buang air kecil
  • Sebagai detoks dan anti racun

 

Produk herbal Stonof dapat Anda dapatkan di website dan beberapa market place kami: