Tips Bercinta Saat Bulan Puasa, Bahagia dan Berpahala

Tips Bercinta Saat Bulan Puasa, Bahagia dan Berpahala – Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia. Saat bulan ini, seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa. Namun meskipun bulan puasa bukan berarti tidak boleh melakukan hubungan suami istri. Seluruh aktivitas seksual tetap dapat dilakukan dengan pasangan secara normal.

Berhubungan intim di bulan puasa bukanlah hal yang diharamkan. Tidak ada larangan asal dilakukan di waktu yang tepat. Waktu yang diperbolehkan untuk melakukan hubugan intim adalah saat malam hari setelah berbuka puasa sampai pagi hari sebelum imsak.

Seperti yang disebutkan dalam Al-Quran surat Al Baqarah ayat 187:

Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan isteri-isteri-mu, mereka itu adalah pakaian bagi kamu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepada-mu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetap-kan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah laranganAllah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa. (QS. 2:187)

Dari kutipan ayat di atas dapat disimpulkan bahwa diizinkan bagi siapa saja untuk makan, minum, dan melakukan hubungan intim selama bulan puasa, yaitu saat malam hari sampai waktu subuh tiba. Setelah selesai melakukannya, pasangan suami istri harus mandi wajib sebelum melaksanakan sholat subuh agar berada dalam kondisi suci kembali.

Menurut pakar kesehatan seksual dr. Naek Tobing SpKJ, waktu terbaik bagi pasangan untuk melakukan hubungan intim di bulan puasa adalah saat malam hari sekitar pukul 21.00 atau 22.00. Waktu tersebut dianggap paling ideal karena biasanya kita sudah tidak lagi makan atau melakukan ibadah seperti shalat tarawih dan membaca Al Quran.

Sedangkan jka dilakukan terlalu malam dikhawatirkan akan membuat kurang tidur dan sulit bangun saat sahur bahkan waktu shalat subuh. Beliau juga menyarankan agar melakukan hubungan intim setelah berbuka puasa, karena seseorang membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk menambah energi saat bercinta.

Hubungan suami istri akan menjadi haram jika dilakukan pada siang hari saat sedang menjalankan puasa. Jika tetap melakukannya maka puasa menjadi batal dan kedua pasangan diwajibkan membayar denda yaitu kewajiban memerdekakan budak, atau mengganti dengan berpuasa selama dua bulan berturut-turut, atau dapat diganti dengan memberi makan 60 orang fakir miskin.

 

Berikut beberapa tips bercinta selama bulan puasa:

  1. Bercinta merupakan ibadah

Dalam Islam, berhubungan seks bersama pasangan merupakan ibadah. Hal ini berarti jika dilakukan akan mendapatkan pahala. Namun jika dilakukan pada siang hari akan membatalkan puasa dan menyebabkan dosa.

Oleh karena itu, hubungan intim harus dilakukan saat waktu yang diperbolehkan, yaitu saat malam hari sampai sebelum imsak agar pasangan dapat menikmati dan tetap mendapat pahala.

  1. Mengatur waktu

Saat bulan puasa, waktu berhubungan intim dengan pasangan sangat dibatasi. ada waktu-waktu tertentu yang diharamkan untuk melakukannya.

Oleh karena itu, setiap pasangan harus bisa menahan nafsu untuk melakukannya. Memang bisa dibilang sulit, apalagi bagi pengantin baru. Namun sebaiknya alihkan perhatian dengan melakukan amalan-amalan baik saat siang hari. Atur waktu untuk berhubungan setelah shalat tarawih sampai sebelum waktu imsak.

  1. Seks Kilat

Berhubungan seks merupakan aktivitas yang menguras banyak tenaga. Seks kilat merupakan salah satu tips bercinta yang bisa dilakukan ketika bulan puasa. Kenapa?

Hal ini sebaiknya dilakukan agar tidak terlalu menguras banyak tenaga. Mengurangi durasi bercinta selama bulan puasa bertujuan agar stamina tetap terjaga sehingga tubuh tetap fit di siang hari.

  1. Saling Mengerti

Saling mengerti dan memahami sangat diperlukan bagi pasangan suami istri. Jika salah satu ada yang merasa sedang tidak ingin melakukan hubungan seksual, maka sudah seharusnya pasangan mengerti. Hubungan intim harus tetap dilakukan dengan hati yang ikhlas agar bernilai ibadah.

Beberapa tips bercinta saat bulan puasa di atas dapat Anda coba terapkan agar tidak mengganggu ibadah puasa dan tetap mendapatkan pahala sebagai ibadah.