Tips Bugar Diabetes, Tetap Aktif Dan Energik Meski Gula Darah Tinggi

Diabetes jangan dijadikan penghalang untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Meski menderita diabetes, seseorang tetap harus beraktivitas selayaknya orang normal. Berikut beberapa tips bugar diabetes agar penderita tetap sehat dan energik walaupun gula darah di atas ukuran normal.

Diabetes adalah kondisi di mana kadar gula darah dalam tubuh melebihi batas normal. Kadar gula darah yang normal dalam tubuh adalah sekitar 100 mg/dL pada kondisi sebelum makan dan 140 mg/dL pada kondisi dua jam setelah makan. Kadar gula dalam darah dipengaruhi oleh hormon insulin, yaitu hormon yang berfungsi untuk mengubah gula darah hasil pengolahan makanan menjadi energi. Energi ini digunakan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun pada penderita diabetes, tubuh tidak dapat menghasilkan insulin dengan kadar yang cukup. Dapat juga terjadi kadar insulin dalam tubuh cukup, namun tubuh tidak mampu menggunakan insulin tersebut sebagaimana mestinya (resisten insulin).

Meski diabetes bisa mengganggu kesehatan, namun kondisi ini jangan dijadikan penghalang dan membatasi seseorang melakukan aktivitas yang biasa dilakukan. Seseorang yang didiagnosa menderita diabetes tentunya harus selalu memantau kadar gula dalam darahnya. Seorang penderita diabetes harus senantiasa memperhatikan apa yang bisa menjadi penyebab naik dan turunnya gula darah. Hal ini harus dilakukan setiap hari agar kadar gula darah tetap stabil.

Meski demikian, bukan tidak mungkin seorang menderita diabetes bisa tetap aktif. Menerapkan pola hidup sehat merupakan kunci utama agar kadar gula darah tetap dalam kondisi normal sehingga penderita diabetes tetap bisa tetap aktif menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Berikut beberapa tips bugar diabetes:

  1. Olahraga rutin

Olahraga membuat seseorang aktif bergerak yang berpengaruh pada pemanfaatan glukosa menjadi energi. Kegiatan olahraga dapat membakar sebagian gula berlebih di dalam aliran darah untuk memberi bahan bakar pada otot. Olahraga juga membuat tubuh dapat memanfaatkan insulin secara efektif. Bagi para penderita diabetes, disarankan melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Ada beberapa hal perlu diperhatikan dalam melakukan olahraga bagi penderita diabetes:

  • Konsultasikan dengan dokter jenis latihan apa yang cocok.
  • Perhatikan kapan waktu olahraga yang cocok.
  • Memeriksa kadar gula darah sebelum, ketika, dan sesudah olahraga.
  • Selama berolahraga pastikan tubuh mendapat hidrasi yang cukup.
  • Siapkan segala keperluan ketika berolahraga, seperti camilan sehat dan obat-obatan yang dibutuhkan.
  1. Rutin memeriksa gula darah

Seorang penderita diabetes harus senantiasa memantau kadar gula darahnya di samping melakukan olahraga secara rutin. Usahakan setiap hari untuk menyediakan waktu untuk mengukur kadar gula darah. Selain untuk mengetahui perkembangan kadar gula darah, pemeriksaan juga dapat membantu dalam menyusun menu sehat setiap hari.

Jika sebelum berolahraga tingkat gula darah rendah, usahakan mengonsumsi 15 gram karbohidrat dan tunggu 15 menit sebelum melakukan pengecekan ulang. Namun jika kadar gula darah terlalu tinggi, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein sekitar 1 jam sebelum berolahraga.

  1. Jaga asupan makanan

Salah satu faktor yang dapat menentukan kebugaran penderita diabetes adalah menjaga asupan makanan sehari-hari. Jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah makanan yang tinggi serat, rendah gula, dan rendah lemak. Porsi makan pun harus benar-benar diperhatikan agar tidak terjadi kelebihan gula di dalam tubuh.

Untuk konsumsi penggunaan minyak sehari-hari, dapat menggantinya dengan minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh yang lebih sehat daripada minyak goreng biasa yang mampu memperbaiki kadar gula darah.

Beberapa tips dalam menyusun menu makanan yang seimbang bagi penderita diabetes:

  • Menghitung dengan cermat porsi karbohidrat yang aman dikonsumsi.
  • Menyeimbangkan menu makanan dengan lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah, sayur, dan biji-bijian.
  • Mengoordinasikan pengobatan yang sedang dijalani dengan asupan makanan yang dikonsumsi.
  • Menghindari konsumsi minuman manis.
  1. Rutin minum obat

Tips bugar diabetes yang terakhir adalah dengan rutin meminum obat. Apabila olahraga dan pola makan tidak lagi bisa mengontrol kadar gula dalam darah, maka pemberian obat-obatan menjadi jalan terakhir. Insulin dan beberapa obat diabetes lainnya merupakan obat yang biasanya diberikan untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

Jika ingin tetap bugar walaupun menderita diabetes, obat yang didapatkan dari dokter untuk menurunkan kadar gula darah harus dikonsumsi secara rutin. Konsultasikan dengan dokter tentang perkembangan kesehatan setelah mengonsumsi obat yang diberikan dokter agar selanjutnya dapat dilakukan evaluasi.

Beberapa tips dalam mengonsumsi obat diabetes:

  • Simpan insulin dengan benar, perhatikan masa kadaluarsanya karena insulin yang telah lewat masa kadaluarsa tidak akan bekerja efektif.
  • Konsultasikan ke dokter jika obat yang diberikan menyebabkan kadar gula menjadi terlalu rendah (hipoglikemia).
  • Jika dokter memberikan obat untuk penanganan penyakit lain, maka waspadai dan selalu tanyakan apakah akan berpengaruh terhadap kadar gula darah.

 

Selain beberapa tips bugar diabetes di atas, ada satu lagi cara agar penderita diabetes tetap bisa menjalani aktivitas sehari-harinya tanpa hambatan. Cara tersebut adalah dengan konsumsi Diabetago. Diabetago merupakan suplemen herbal khusus untuk penderita diabetes.

Obat herbal Diabetago terbuat dari bahan herbal yang diketahui dari berbagai penelitian dapat menyembuhkan diabetes secara alami. Semua bahan yang terkandung dalam obat herbal Diabetago bekerja langsung menuju pankreas dan pembuluh darah.

Khasiat dan Kegunaan:

  • Membantu meringankan gejala diabetes
  • Sebagai anti oksidan
  • Menormalkan kadar gula darah
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Komposisi:

  • Cantella asiatica herba ekstrak
  • Phaleria macrocarpa cortex fructus ekstrak
  • Andrographis paniculata herba ekstrak

Detail Produk:

  • Isi perbotol: 50 kapsul @ 500mg
  • Ijin BPOM TR: 173301741

Aturan minum:

  • pencegahan: 1 kapsul setelah makan, 2 kali sehari
  • terapi: 2 kapsul setelah makan, 2 kali sehari

Penyimpanan: simpan di tempat kering dan sejuk, hindarkan dari sinar matahari langsung pada suhu 30°C.