Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Selama Bulan Puasa

Menjaga Kesehatan Ginjal Selama Bulan Puasa – Ginjal merupakan organ tubuh yang rentan terserang penyakit. Ginjal yang tidak dijaga kesehatannya sangat berisiko mengalami gangguan. Beberapa faktor dapat mempengaruhi munculnya berbagai masalah ginjal. Salah satu kemungkinan terserangnya gangguan ginjal adalah ketika bulan puasa. Dimana pada bulan puasa konsumsi air sangat dibatasi. Hanya boleh minum pada waktu tertentu. Padahal konsumsi cukup air merupakan kunci agar ginjal tetap sehat.

Namun bukan berarti puasa membuat ginjal tidak sehat. Justru dengan berpuasa seluruh metabolisme di dalam tubuh akan diperbaiki, termasuk fungsi kerja ginjal. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar ginjal tetap menjalankan fungsinya dengan baik selama berpuasa.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal selama bulan puasa:

  1. Kurangi beban kerja ginjal

Ginjal mempunyai tugas untuk menyaring racun yang terdapat di dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika bulan puasa sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan alami seperti buah dan sayuran segar untuk meringankan kerja ginjal. Hindari makanan cepat saji, makanan kaleng, serta makanan yang banyak mengandung bahan pengawet dan pewarna. Terlalu banyak racun yang disaring hanya akan memperberat kerja ginjal.

 

  1. Atur jumlah air yang dikonsumsi

Air merupakan komponen paling penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Air mempunyai peran membersihkan racun dalam ginjal dan mengeluarkannya dalam bentuk urin. Selama bulan puasa konsumsi air tentu sangat terbatas. Air hanya dapat dikonsumsi ketika waktu berbuka puasa hingga sahur. Padahal ginjal terus bekerja sepanjang hari. Kekurangan air juga dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, penting untuk mengatur konsumsi air selama bulan puasa. Sebaiknya konsumsi lebih banyak air ketika waktu berbuka hingga sahur agar kebutuhan air selama satu hari tetap dapat terpenuhi.

 

  1. Konsumsi makanan yang membantu membersihkan ginjal

Makanan yang banyak mengandung antioksidan dapat membantu menyehatkan ginjal karena bersifat membersihkan ginjal. Contoh makanan yang tinggi kandungan antioksidan yaitu kubis, anggur, wortel, paprika merah, dan putih telur. Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut sebagai menu buka puasa dan sahur.

 

  1. Kurangi konsumsi sodium dan protein

Kelebihan sodium (garam) dan protein dapat mengganggu kesehatan ginjal. Sodium yang berlebihan di dalam tubuh akan mengakibatkan tekanan darah tinggi serta menjadi penyebab terjadinya serangan jantung yang juga dapat berdampak pada kerusakan ginjal.

 

  1. Konsumsi magnesium

Magnesium sangat penting untuk meningkatkan fungsi kerja ginjal. Magnesium berperan membawa darah dengan cara yang benar dan bertanggung jawab untuk proses sekresi dan penyerapan. Magnesium juga dapat membantu mencegah kerusakan ginjal.

Selama bulan puasa disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium, misalnya  sayuran hijau seperti bayam dan kangkung.

 

  1. Batasi konsumsi kopi dan teh

Selama bulan puasa sebaiknya kurangi mengonsumsi kopi dan susu. Kedua minuman ini memiliki sifat diuretik yaitu mengurangi kadar air dalam tubuh. Akan lebih baik jika bisa benar-benar dihentikan terlebih dahulu selama bulan puasa.

 

  1. Hindari konsumsi soda

Soda merupakan minuman yang harus dihindari selama bulan puasa. Kenapa? Karena meminum soda tidak ada manfaatnya sama sekali bagi tubuh. Justru soda dapat merusak sistem kerja organ tubuh terutama ginjal.

 

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, maka kesehatan ginjal akan tetap terjaga meskipun sedang berpuasa. Untuk membantu menjaga kesehatan ginjal, dapat juga dilakukan dengan cara mengonsumsi suplemen herbal khusus ginjal.

Stonof merupakan suplemen berbahan herbal yang berfungsi membantu menjaga kesehatan ginjal. Stonof terbuat dari bahan-bahan alami yang sangat aman dikonsumsi bahkan dalam jangka panjang. Karena terbuat dari bahan alami, produk ini pastinya tanpa efek samping. Stonof juga sudah resmi terdaftar di Badan POM sehingga terjamin kualitas dan khasiatnya.

Selain menjaga kesehatan ginjal, Stonof juga sangat efektif untuk mengobati berbagai penyakit ginjal, seperti:

  1. Meluruhkan batu ginjal
  2. Mengobati radang ginjal
  3. Memperbaiki fungsi ginjal
  4. Melancarkan buang air kecil
  5. Sebagai detoks dan anti racun

Produk Stonof dapat Anda dapatkan di beberapa market place kami: