Urin Tidak Normal, Waspadai Potensi Berbagai Penyakit Ginjal

Urin tidak normal, waspadai potensi berbagai penyakit ginjal – Urin merupakan cairan yang sudah tidak berguna yang dikeluarkan oleh tubuh sebagai hasil metabolisme. Cairan ini juga mengandung racun sisa penyaringan darah di dalam ginjal. Sisa-sisa penyaringan oleh ginjal ini dikumpulkan di dalam kadung kemih kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui saluran uretra.

Seseorang akan mengalami gejala ingin buang air kecil ketika kandung kemih sudah penuh. Kebiasaan menahan buang air kecil akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada ginjal. Zat limbah yang membeku dan mengendap di dalam kandung kemih dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Urin dapat dijadikan sebagai indikator kesehatan seseorang. Dengan hanya melihat urin yang dikeluarkan sudah bisa dijadikan indikator kesehatan seseorang. Urin yang sehat juga merupakan tanda bahwa ginjal juga berada pada kondisi yang sehat. Perlu diwaspadai jika urin mengalami suatu gejala yang tidak normal. Bisa jadi itu merupakan tanda awal adanya penyakit pada ginjal.

Apa yang kita buang dari tubuh mencerminkan apa yang sedang terjadi di dalam tubuh kita. Dalam hal ini warna dari urin tertentu bisa menunjukkan ketika tubuh Anda sedang dehidrasi, kelebihan minum, atau mungkin ada tanda-tanda organ vital yang kurang berfungsi optimal.

Lalu bagaimana tanda atau gejala urin yang tidak normal?

Urin dikatakan tidak normal jika dilihat dari beberapa faktor, yaitu:

  1. Kejernihan

Konsentrasi urin dapat dijadikan sebagai patokan sehat atau tidaknya urin seseorang. Hal ini dapat digunakan untuk mengetahui cukup atau tidaknya hidrasi di dalam tubuh. Jika urin bewarna tidak jernih, ada kemungkinan terjadi dehidrasi. Dehidrasi juga dapat memicu munculnya batu ginjal. Limbah hasil penyaringan ginjal dapat mengendap dan mengkristal jika jumlah air kurang.

Beberapa tingkat kepekatan urin beserta indikasi masalahnya:

  • Kuning pekat, tandanya seseorang mengalami dehidrasi parah dan sangat butuh banyak minum
  • Kuning muda, tandanya seseorang butuh lebih banyak minum dari biasanya
  • Kuning bening, tandanya jumlah minum sudah cukup baik
  • Bening, artinya kebutuhan minum sudah terpenuhi dengan baik.

 

  1. Warna dan bau

Urin yang sehat idealnya berwarna bening sedikit kekuningan. Jika urin mempunyai warna lain perlu diwaspadai adanya gangguan serius di dalam ginjal. Apalagi jika urin mengandung darah. Namun terkadang warna urin juga dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Sedangkan untuk bau, urin sehat mempunyai bau khas yang tidak terlalu menyengat. Tetapi makanan dan minuman juga dapat mempengaruhi bau urin. Sebagai contoh jengkol dan petai yang menyebabkan urin berbau menyengat.

 

  1. Tanda diabetes

Seseorang yang mengalami gejala sering buang air kecil ada kemungkinan menderita penyakit diabetes. Tingginya kadar gula di dalam darah penderita diabetes memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras untuk mengeluarkannya sehingga hasrat buang air kecil juga meningkat.

 

  1. Tanda infeksi

Bakteri biasanya masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra atau lubang kencing. Infeksi saluran kemih terjadi apabila bakteri berkembang biak di dalamnya. Gejala infeksi saluran kemih diantaranya tidak lampias saat buang air kecil, tidak dapat menahan buang air kecil, rasa panas ketika buang air kecil, serta perubahan warna dan bau pada urin.

 

Waspadai beberapa tanda urin tidak normal di atas. Urin yang sehat dihasilkan oleh ginjal yang sehat pula. Jika ginjal dalam kondisi sehat, ia akan menjalankan fungsinya secara optimal. Oleh sebab itu, kesehatan ginjal harus selalu dijaga. Salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan fungsi kerja ginjal. Stonof merupakan herbal khusus ginjal yang sudah terbukti membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan ginjal.

Tiap kapsul stonof mengandung:

  • Morinda citrifolia fructus ekstrak
  • Andrographis paniculata herba ekstrak
  • Cantella asiatica herba ekstrak
  • Orthosiphonis spicatus folium ekstrak

Karena produk ini terbuat dari 100% bahan alami tanpa tambahan bahan kimia, sudah pasti produk ini sangat aman untuk dikonsumsi. Dan dalam jangka panjang tidak akan menimbulkan efek samping. Keamanan produk ini juga tidak perlu diragukan lagi karena sudah terdaftar secara resmi di Badan POM. Produk herbal Stonof juga sudah mendapat sertifikat halal. Jadi tidak ada keraguan lagi untuk mengonsumsi produk ini.

Segera dapatkan herbal Stonof di website dan beberapa market place kami: